Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua Dimulai Hari Ini, Pasar Tanah Abang Menjadi Lokasi Pertama

Usai menyelesaikan program vaksinasi tahap pertama yang menyasar tenaga kesehatan, kini pemerintah akan memulai vaksinasi tahap kedua pada hari ini tanggal 17 Februari 2021.

Vaksinasi tahap kedua menyasar lebih dari 38,5 juta orang yang terdiri dari warga lanjut usia berusia di atas 60 tahun dan pekerja publik, termasuk pedagang pasar, pendidik, pekerja pariwisata, atlet, pekerja transportasi publik, atlet, serta pekerja media dan wartawan.

Maxi Rein Rondonuwu selaku Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, sudah mengemukakan hal ini pada saat Press Conference pada Senin, 15 Februari 2021.


“Dalam tahap ini vaksinasi bagi pedagang pasar akan berlangsung selama enam hari dengan menargetkan sekitar 55.000 orang pedagang pasar di Tanah Abang,” ucap Maxi.

Dia juga mengatakan bahwa program vaksinasi tahap kedua ini akan berlangsung mulai Februari dan diharapkan dapat selesai pada Mei 2021 dengan total sasaran mencapai 38,5 juta orang.

Baca Juga : Hujan yang Tak Kunjung Berhenti, Berakibat Sebagian Wilayah Jawa Barat Banjir

Vaksinasi tahap kedua ini akan dilakukan secara bertahap dengan fokus pada tujuh provinsi di Jawa dan Bali.

Maxi mengatakan bahwa 70% kasus Covid-19 berada di Jawa dan Bali, dan ini lah yang membuat pemerintah fokus pada tujuh provinsi di Jawa–Bali.

Untuk vaksinasi tahap kedua perdana akan diselenggarakan di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Sebanyak 9.000 pedagang akan di vaksinasi di Pasar Tanah Abang secara bertahap. Setiap hari akan ada 1.500 pedagang yang akan di vaksinasi di sana. Dilakukannya secara bertahap agar tidak terjadi kerumunan.

Vaksinasi ini diharapkan dapat memulihkan kembali roda perekonomian di Indonesia mengingat Pasar Tanah Abang  merupakan pusat perdagangan pakaian dan tekstil utama ke berbagai wilayah di Indonesia dan juga Asia serta dunia.

Heri (35) salah satu pedagang di Blok A Pasar Tanah Abang mengaku sudah didata oleh petugas dan siap disuntik vaksin.

“Ya kemarin sempat didata sama petugas. Kalau kita mah siap-siap aja kalau untuk divaksin,” kata Heri seperti dikutip dari Warta Kota (15/02/2021)

Heri mengaku tidak khawatir mengenai isu miring mengenai vaksin yang sempat beredar. Ia justru antusias dengan program vaksinasi ini dan berharap kegiatan jual beli di Pasar Tanah Abang bisa segera pulih sehingga pendapatannya kembali normal.

Sumber Gambar Utama : Unsplash.com (Steven Cornfield)

Reporter: Muhammad Yazid

Editor: Early Meidiasa Prameswari

Total
0
Shares
Related Posts