Whatsapp, Instagram dan Facebook Down Secara Bersamaan, Ada apa?

Majalahketik.com– Platform Facebook, layanan perpesanan online Whatsapp dan aplikasi Instagram sempat mengalami eror kesulitan koneksi dan tidak bisa memuat feed secara bersamaan pada Sabtu (20/03/2021) dini hari, menyebabkan para netizen mengeluh. Di situs Downdetector.com, sebuah pemantau laporan pengguna pada sebuah website atau aplikasi lainnya, ada keluhan lebih dari 20 ribu dari pengguna Whatsapp.

Hal yang sama terjadi kepada layanan aplikasi Instagram, Facebook dan Facebook Messenger yang tercatat memiliki laporan dan keluhan masing-masing sebanyak 1,2 juta dan 3 ribu laporan semenjak mulai down pada pukul 00.44 WIB.

Saat mencoba mengirim pesan via Whatsapp, baik teks atau foto tidak bisa terkirim dan statusnya tidak tercentang. Sementara di Instagram dan Facebook mengalami kesulitan dalam menyegarkan feed atau mengunggah posting-an. Hingga saat ini, diperkirakan tumbangnya ketiga aplikasi ini dialami tidak hanya di Indonesia namun kemungkinan hampir terjadi di seluruh dunia, melihat banyak media dari berbagai negara seperti India, AS, Eropa dan lainnya juga membahas tentang hal ini.

Banyak pengguna yang secara bersamaan mulai beralih ke aplikasi Twitter untuk mencari tahu lebih lanjut, juga menjadi perbincangan hangat warganet sambil menyerukan tagar #whatsappdown dan #instagramdown hingga menjadi trending topic world wide. Berita ini diketahui sudah tertulis ada 1,56 juta cuitan menyinggung Whatsapp dan 165 ribu cuitan mempermasalahkan Instagram yang down.

Baca Juga : Calon Mahasiswa Baru Polimedia 2021? Yuk Simak!

Dalam pernyatannya, Facebook mengatakan, “sebuah permasalahan teknis menyebabkan orang-orang kesulitan mengakses beberapa layanan Facebook.”

“kami memperbaiki permasalahan ini untuk semuanya, dan kami meminta maaf atas segala gangguan.” Ucap Facebook menambahkan.

Akun Facebook gaming dalam cuitannya di Twitter juga mengatakan, “multiple teams are working on it, and we’ll update you when we can,”

Ketiga platform dengan 2,8 miliar pengguna aktif yang menjadi bagian perusahan Mark Zuckerberg ini, terpantau down selama kurang lebih 45 menit. Dilansir dari akun sosial media Twitter, Whatsapp juga mengkonfirmasi permasalahan ini telah diselesaikan.

Thanks for your patience, that was a long minutes but we are back!” tulis Whatsapp dalam cuitannya.

Setelah perbaikan atas gangguan pada ketiga layanan tersebut telah selesai, kini sudah bisa kembali di akses secara normal mulai pukul 01.07 WIB. Tapi, hingga berita ini ditulis masih belum ada keterangan dan pernyataan resmi dari Facebook, Instagram dan Whatsapp terkait penyebab terjadinya gangguan ini.

Reporter: Lulu Sofiannisa

Editor: Beninda Dhiyaa Ifada

Total
0
Shares
Related Posts