6 Hal Positif yang Kamu Dapatkan Ketika Menjadi Mahasiswa Kupu-Kupu

77757_620

Masa kuliah adalah masa pendewasaan diri, sekaligus masa terakhir kalian menikmati pendidikan sebelum menghadapi dunia yang sesungguhnya, yaitu kerja. Setelah menjadi mahasiswa, kalian akan menemukan beranekaragam jenis mahasiswa, ada mahasiswa yang aktif banget di organisasi, ada yang ke kampus cuman pas ujian doang, ada yang anak rohis abis, ada yang doyan nongkrong, ada yang abis kuliah langsung pulang, dan masih banyak lagi yang bakal kalian temuin langsung.

Sebagian orang menganggap, amatlah penting mempunyai kegiatan di kampus, malah ada yang begitu senang menghabiskan banyak waktu mereka di sana. Sebagian lagi merasa bahwa ke kampus hanya untuk kuliah saja, tipe ini sering disebut Kupu-Kupu. Menjadi mahasiswa kupu-kupu dianggap akan kekurangan pengalaman, tak akan dikenal oleh mahasiswa lain, relasi sedikit, selain itu katanya mahasiswa kupu-kupu akan sulit mendapat kerja.
Padahal di balik statement negative tersebut, sebenarnya ada sisi positif yang dapat dipetik. Berikut ini Sisi Positif menjadi mahasiswa Kupu-kupu.

1. Waktu Istirahatmu Lebih Banyak

Sebenarnya ada banyak alasan mengapa orang memilih menjadi mahasiswa kupu-kupu, ada yang terpaksa karena rumahnya jauh, ada yang malas lama-lama di kampus, ada yang memang anaknya betah di rumah atau di kosan, dan alasan lainnya. Apapun alasannya, menjadi mahasiswa kupu-kupu artinya waktu istirahatmu akan lebih panjang.

2. Fokus Pada Perkuliahan

Tak adanya tuntutan di luar jam kuliah, membuat mahasiswa tipe ini lebih leluasa mengatur waktu untuk kuliah. Ini membuatmu lebih fokus pada perkuliahan. Selain itu kamu akan lebih banyak waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah dengan baik.

3. Tak Akan Terbebani dengan Tugas Organisasi

Dengan menjadi mahasiswa kupu-kupu, kalian bisa lebih tenang kuliah karena tidak terbebani dengan tugas-tugas organisasi. Di tambah lagi, masa liburan akan lebih menyenangkan karena tidak perlu terganggu dengan urusan organisasi.

4. Banyak Hal Asyik Yang Bisa Kamu Lakukan

Kesibukan di berbagai organisasi terkadang sangat menyita waktu sehingga kalian akan kehilangan waktu untuk diri sendiri. Nah, mahasiswa kupu-kupu bisa lebih leluasa merancang rencana untuk bersenang-senang, atau sekadar mengambil waktu untuk diri sendiri seperti nonton film, merawat diri, karokean, jalan-jalan dan kegiatan menyenangkan lainnya.

5. Karena Waktu Luangmu Yang Banyak, Kamu Bisa Kerja Sampingan

Mahasiswa kupu-kupu bisa memanfaatkan waktu luangnya sesudah kuliah dengan bekerja paruh waktu di luar kampus. Selain lebih produktif dan menambah uang jajan, cara ini juga membantu mahasiswa mempelajari dunia kerja lebih awal.

6. Mahasiswa Kupu-Kupu Sulit Dapat Kerja itu Isu

Banyak beranggapan bahwa perusahaan besar lebih mencari mahasiswa yang aktif di organisasi kampus. Padahal kenyataannya, selain dikenal rajin dan tekun, mahasiswa kupu-kupu biasanya memiliki nilai tambah dalam mengerjakan pekerjaan secara detail. Sehingga divisi yang membutuhkan ketelitian cocok untuk tipe ini.