NPES-ICC Color Management 2016

Majalahketik.com Pada 17 Maret 2016, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan sekaligus menjadi tuan rumah dari sebuah acara konferensi internasional, NPES-ICC Color Management 2016 dengan tema Making A Future with Color Management. Acara ini diselenggarakan untuk para graphic designer, publishers, art directors, packaging buyers, prepress management, press supervisors, production managers, quality control managers, digital photographers, dan berbagai perusahaan atau industri yang berkaitan dengan pengelolaan warna. Konferensi ini merupakan salah satu ajang bergengsi yang ditunggu-tunggu oleh para insan grafika Indonesia.

NPES-ICC Color Management 2016 ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara tiga pihak, yaitu National Printing Equipment and Suppliers (NPES) dari Amerika, Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI), dan Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. Ketiga lembaga ini memiliki porsi masing-masing dalam mengambil andil untuk terlaksananya acara ini, “Pihak NPES, PPGI, dan PoliMedia Jakarta sepakat untuk membuat konferensi internasional bersama-sama. Pelaksanaan kerja samanya tentu saja kita bagi, sebagian pembicara berasal dari NPES dan sebagian juga dari PPGI. PoliMedia Jakarta sendiri sebagai tuan rumah dan mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan acara, sedangkan PPGI menangani bagian asosiasinya,” ucap Dr. Misbah Fikrianto, M.M., M.Si. selaku Wakil Direktur Bidang Kerja Sama Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. Beliau juga menegaskan bahwa acara ini akan menjadi acara rutin yang diselenggarakan di PoliMedia Jakarta setiap satu tahun sekali.

Pada kesempatan kali ini, NPES-ICC Color Management memiliki 14 pembicara internasional dari berbagai industri dan perusahaan ternama, yaitu Ralph Nappi selaku President NPES & GASC, William Li selaku ICC Co-Chair and Kodak Color Technology Manager Eastman Kodak, Marco Boer selaku Vice President IT Strategies, Steve Smiley selaku Owner Smiley Color & Associates Global Brand Solutions, Phil Green selaku Adjunct Associate Professor Norwegian Colour and Visual Computing Laboratory, Erick Midlik selaku Executive Vice President Prime UV-IR systems, Jeffrey Protheroe selaku Vice-President Asia-Pacific, Middle East and Africa Aleyant Solutions LLC, Ellie Khoury selaku President Alwan Color Expertise, Juergen Seitz selaku Senior Technical Advisor GMG, Ray Cheydleur selaku Printing and Imaging Portfolio Manager X-Rite, Esther Hoon selaku Manager Fiery Business, South East Asia EFI, Jim Koh selaku Technical Support for EFI Fiery Alliance Partners, EFI, Isaam Lutfiyya selaku Business Development Manager QuadTech, Lionel M. P. Loh selaku GTM Program Manager Konica Minolta Business Solutions Asia Pte Ltd.

“PoliMedia mencoba menjadi fasilitator dalam menjembatani antara kerja sama asosiasi kedua negara ini (Amerika-Indonesia) dengan harapan tidak hanya dalam efek pembelajaran, tetapi juga membangun hubungan,” tutur Dr. Zal Zulifa selaku ketua acara NPES-ICC Color Management 2016, “NPES juga mencoba menjembatani kita untuk berkolaborasi dengan Orchester Printing Technology University di Amerika agar para dosen dan mahasiswa PoliMedia Jakarta dapat berkuliah di sana, hal ini sedang diusahakan lebih lanjut,” tuturnya.

Dr. Zal Zulifa juga menyampaikan bahwa dampak positif yang ditimbulkan dari penyelenggaraan NPES-ICC Color Management 2016 di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta juga dapat dirasakan dalam jangka pendek, khususnya untuk para mahasiswa, “Untuk dampak positif  yang dapat kita lihat dengan jelas saat ini yaitu mahasiswa ikut menonton acara ini walaupun berbeda ruangan dan hal ini merupakan suatu proses pembelajaran. Selain itu, bahan-bahan rekaman video yang kita rekam nantinya dapat ditonton ulang oleh mahasiswa sehingga dapat dikaji lebih jauh”. Beliau juga menyampaikan bahwa ia berharap agar seluruh program studi yang ada di PoliMedia Jakarta dapat membuat acara-acara seperti ini nantinya sehingga bisa ditetapkan sebagai mata kuliah rutin yang diselenggarakan satu tahun sekali.

Serly Gunawan, salah satu mahasiswa Program Studi Teknik Grafika yang ikut menonton bersama acara ini di ruangan yang berbeda, mengaku bahwa acara ini sangat menarik minatnya walaupun tidak dapat menikmatinya secara langsung, “Saya menonton acara ini atas dasar kemauan sendiri karena saya merasa bahwa seminar ini cukup penting untuk insan grafika apalagi para pembicaranya merupakan orang-orang yang sangat berkompeten di bidangnya dan mereka adalah orang-orang yang sangat berpengaruh di bidang grafika dan penerbitan.”

Gunawan juga berpendapat, sangat disayangkan para mahasiswa hanya dapat menonton dari ruangan yang berbeda dan tentunya hal ini membuat proses pembelajaran tidak efektif dan tidak berjalan dengan baik, “Kalo boleh jujur, acara menonton bersama ini kurang efektif karena berbagai kendala, yaitu situasi dan kondisi yang ada. Selain itu, ruangan kurang memadai dan yang paling penting sih dari segi kamera yang masih rendah kualitasnya”. Walaupun Gunawan kurang merasa nyaman dengan proses menonton bersama ini, tetapi ia juga dengan tegas mengakui bahwa NPES-ICC Color Management 2016 yang diselenggarakan oleh PoliMedia Jakarta sangat memberikan efek yang baik dalam proses pembelajaran.

Jurnalis: Fenti Novela

Editor: Euis Sintia Fitriyani

Sumber Gambar : npes.org