Raih Informasi Seputar Polimedia Melalui Hi Polimedian! App

Panitia Pengenalan Sistem Pendidikan Politeknik (PSP2) meluncurkan aplikasi Hi Polimedian!. Hi Polimedian!  merupakan aplikasi berbasis android yang ditujukan kepada mahasiswa Polimedia untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan akan informasi. Lewat Hi Polimedian! , mahasiswa dapat dengan mudah mendapatkan segala informasi seputar Polimedia, seperti info kampus,  event yang sedang maupun yang akan berlangsung, kalender akademik maupun kegiatan organisasi mahasiswa lainnya.

Aplikasi mobile ini dikembangkan oleh Adinata, mahasiswa program studi Multimedia semester 5, dengan dibantu dua rekannya,  Lanang dari program studi Desain Grafis dan Guntur Akhmad mahasiswa Universitas Binus. Dalam proses pengerjaan Aplikasi Hi Polimedian!, Adinata melakukan pembuatan user interface, yang merupakan penerapan design user interface yang telah direalitaskan ke dalam bentuk aplikasi android.

Butuh waktu dua minggu mahasiswa asal Makassar ini untuk menyelesaikan Hi Polimedian!. Berawal ketika proses seleksi panitia PSP2, Adinata terpikir untuk melakukan sebuah inovasi. Pada awalnya, ia berniat membuat 3D virtual tour kampus berbasis web. Namun, hal tersebut ia urungkan setelah menyaksikan “Mata-mata Pasar Seni ITB 2014”. Akhirnya, dengan pemikiran yang panjang, terciptalah aplikasi android yang berbentuk interaktif dan informatif ini.

“Lumayan susah, tapi untungnya gue udah tahu basicnya jadi hambatannya sedikit berkurang,”  jelas Adinata kepada Majalah Ketik, Senin (1/8). Adinata mengungkapkan akan mengembangkan aplikasi Hi Polimedian! ini layaknya situs mahasiswa Polimedia, uangkuliahtunggal.com. Sehingga, mahasiswa bisa dengan mudah mendapatkan informasi seperti jadwal kuliah, invoice dan Indeks Prestasi Komulatif  (IPK) mahasiswa. Dia menargetkan, penyempurnaan aplikasi dapat segera diselesaikan dalam satu atau dua bulan yang akan datang.

Animo mahasiswa terhadap aplikasi Hi Polimedian! ini pun sangat tinggi. Hal ini terbukti sejak dirilis pada pada 1 Agustus 2016, sudah lebih dari 100 orang yang mengunduh aplikasi tersebut. “Menarik, inovasi yang bagus. Tetapi masih ada beberapa bug, terutama dibagian pemilihan jurusan. Semoga cepat diperbaiki” tanggap Muhammad Ikbal dari prodi Fotografi salah satu penggunduh aplikasi ini.

Saat ini aplikasi Hi Polimedian! sudah mendapat perbaikan pada bug sehingga sistem dari aplikasi tersebut sudah berjalan sesuai perintah dan berfungsi dengan baik. Hingga sekarang sudah lebih dari 200 pengunduh aplikasi Hi Polimedian. Melalui peluncuran Hi Polimedian ini ke Play Store, diharapkan pemenuhan kebutuhan akan informasi mahasiswa, bisa terpenuhi.

 

Penulis : Bianca