Intip Yuk! 5 Hal Ikonik Ini Mengingatkanmu Pada Bulan Ramadan

Majalahketik.com (3/5/2020) – Halo Sobat Ketik, bagaimana kabarnya? Gimana nih bulan Ramadan di tahun 2020 ini? Bulan Ramadan di tahun ini memang cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Banyak kegiatan yang tidak bisa kita lakukan karena datangnya hal yang tak terduga yaitu pandemi virus Covid-19. Meskipun terasa sedikit berbeda, jangan malas-malasan untuk beribadah ya!

Sudah seminggu lebih kita melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan, banyak suka dan duka yang sudah kita lewati. Meski bulan Ramadan di tahun ini berbeda, Ramadan tetap menjadi bulan yang mempunyai ciri khasnya. Nah, ini dia 5 hal ikonik di bulan Ramadan!

  1. Iklan Sirup Mulai Bermunculan di Televisi
Iklan Sirup Mulai Bermunculan di Televisi.

Sebuah iklan yang menampilkan pemandangan segarnya sirup berwarna merah dan hijau disertai es batu dan buah-buahan sudah pasti membuat kita langsung tersadar bahwa bulan Ramadan sudah tiba. Hayo, siapa nih yang sering tergiur melihat iklan sirup jika sudah mendekati waktu berbuka?

2. Berbukalah dengan yang Manis

Berbukalah dengan yang Manis.

Jargon ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Berbagai iklan yang muncul di televisi seringkali ditemukan menggunakan jargon ini. Dengan hidangan makanan dan minuman yang ditampilkan dan tentunya sangat menggugah selera, membuat kita semakin tidak sabar untuk menunggu waktu berbuka. Eits! Tapi tahan dulu.

3. Munculnya Program TV Spesial Ramadan

Munculnya Program TV Spesial Ramadan.

Setiap bulan Ramadan datang, ada banyak program TV yang menampilkan kultum dan ceramah, biasanya program TV ini berada di waktu menjelang berbuka puasa atau saat sahur. Selain menemani puasa kita, Program TV spesial Ramadan ini juga menambah ilmu pengetahuan kita tentang Islam loh!

Baca juga : Wajib Dengar, 9 Lagu Ini Siap Menemani Ramadhanmu

4. Penjual Takjil dan Hidangan Berbuka di Sepanjang Jalan

Penjual Takjil dan Hidangan Berbuka di Sepanjang Jalan.

Biasanya saat bulan Ramadan datang, di sepanjang jalan banyak penjual takjil yang menjajakan berbagai macam hidangan untuk berbuka puasa. Makanan khas untuk berbuka puasa yang diburu oleh pembeli antara lain, kolak, es campur atau es buah, goreng-gorengan, lauk-pauk yang sudah matang, bubur sumsum dan beberapa macam makanan manis lainnya. Terlebih jika sudah mendekati waktu berbuka puasa, banyak orang yang sudah berkerumun untuk mencari hidangan berbuka sekalian ngabuburit.

5. Tradisi Keliling Bangunkan Orang Sahur

Tradisi Keliling Bangunkan Orang Sahur.

Nah, hal ikonik yang terakhir  adalah tradisi keliling membangunkan orang sahur. Di beberapa wilayah masih banyak yang melakukan tradisi ini. Jika sudah mendekati waktu sahur, biasanya beberapa remaja atau anak-anak berkeliling membangunkan orang untuk sahur dengan cara memakai drum yang dipukul-pukul atau memakai bedug mini punya masjid. Tak sedikit juga masjid yang ikut membangunkan sahur menggunakan speaker masjid.

5 hal ikonik itulah yang tidak bisa lepas dari suasana bulan Ramadan. Jadi gimana nih bulan Ramadan kalian tahun ini? Jangan sampai karena sedang ada pandemi virus Covid-19 membuat kalian merasa bahwa sekarang ini bukan bulan Ramadan ya. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan!

Jurnalis: Fairus Nima Hayati

Editor: Beninda Dhiyaa Ifada