IKRAM 2020: Gerakan Donasi, Siasati Pandemi

Majalahketik.com (23/05/2020) – Pandemi Covid-19 di Indonesia tidak hanya berdampak bagi para pekerja, tapi juga mahasiswa. Dengan ditiadakannya kegiatan pembelajaran di lingkungan kampus, otomatis ditiadakan dan ditunda pula kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Salah satunya adalah kegiatan Iklan Ramadan yang tiap tahunnya rutin dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Periklanan Politeknik Negeri Media Kreatif atau biasa dikenal dengan Himperaktif.

Iklan Ramadan atau biasa disingkat IKRAM sendiri adalah kegiatan tahunan Himperaktif yang diadakan dengan tujuan berbagi kepada anak yatim, buka puasa bersama, serta ajang silaturahmi mahasiswa dan alumni Prodi Periklanan di PoliMedia. Pada tahun 2019, IKRAM berbagi dan buka bersama dengan anak yatim di aula PoliMedia, namun dengan adanya kebijakan di tengah pandemi kali ini, tentunya hal tersebut tidak dapat dilakukan sehingga harus disiasati agar tetap berjalan.

Sambutan dari pihak panti.

“Konsepnya, IKRAM tahun ini berubah jadi gerakan donasi online, tapi di sini kita nggak menghilangkan nuansa IKRAM itu sendiri karena kita masih ada rangkaian kegiatan meskipun dilakukan secara online,” jelas Ari selaku Ketua Pelaksana IKRAM 2020.

Karena konsepnya online, IKRAM tahun ini berlangsung dua minggu, mulai dari galang dana pada tanggal 4 Mei hingga penyaluran donasi ke Yayasan Benih Kebajikan Nusantara Al-Hasyim dan Keluarga Periklanan. Ada hal menarik lain selain konsep donasi yang berubah menjadi online, yaitu adanya konten podcast bersama Alumni Periklanan PoliMedia dan UKM PoliMedia.

Pemberian donasi kepada pihak panti asuhan.

“Jadi, meskipun semua kegiatan dilakukan secara online, silaturahmi kita dengan yang lain pun tetap berjalan,” tambah Ari.

Awalnya tidak ada yang menyangka di tengah pandemi ini, IKRAM 2020 dapat berjalan dengan lancar bahkan terkumpul donasi sampai 9 juta rupiah hanya dalam dua minggu.

“Walaupun ada beberapa kendala dan nggak bisa seperti tahun sebelumnya, IKRAM tahun ini sukses, rangkaian acaranya seru, dan hasilnya pun di luar ekspektasi, yang penting usaha, doa, tawakal.” kata Devanka selaku Presiden Himperaktif.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Serial Netflix untuk Ramadhan di Rumah Aja

Bermain games dengan anak-anak panti.

IKRAM 2020 ini tentunya bisa menjadi trigger untuk kita sendiri, meski di kondisi sulit sekali pun, niat baik untuk berbagi harus tetap disiasati.

Gue mau ucapin terima kasih buat semua orang yang terlibat acara ini dan tentunya terima kasih juga buat para donator yang sudah berdonasi melalui kami,” tutup Ari pada saat sesi wawancara.

Jadi, masih mau hanya berdiam diri dan mengeluh di tengah pandemi?

 

Jurnalis: Andika Pratama Putra

Editor: Alifianisa Andary