Tak Hanya Rebahan, Ini 5 Kegiatan Bermanfaat Saat Social Distancing

Majalahketik.com (23/3/2020) – Social distancing (pembatasan sosial) merupakan upaya yang dilakukan pemerintah dengan cara beraktivitas di rumah dan menghindari ruang publik. Hal ini dilakukan untuk memperlambat penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang diketahui sangat cepat penularannya.

Dengan dikeluarkannya kebijakan tersebut, beberapa perguruan tinggi seperti PoliMedia menerapkan sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dengan cara melakukan pertemuan dengan dosen secara daring atau online. PoliMedia sudah menerapkan kebijakan ini sejak Selasa (17/03/2020).

Walaupun dengan adanya social distancing membuat kamu cenderung mager alias malas gerak dan ingin bermalas-malasan, ada banyak hal yang bermanfaat dibandingkan hanya pantengin gawai. Yuk coba lakukan 5 hal ini:

1. Jaga Kesehatan

Jaga Kesehatan.

Menjaga kesehatan sangatlah penting di saat seperti ini. Walaupun di rumah, kita tetap bisa melakukan olahraga, loh, contohnya seperti yoga, lompat tali, aerobik, hula hoop, push up, dan sit up, atau kamu bisa sekedar menari untuk membuat dirimu berkeringat. Selain itu, kamu juga harus makan makanan yang bergizi, perbanyak minum air putih, serta konsumsi vitamin agar terhindar penyakit. Jangan lupa jaga kebersihan diri dan rumah tentunya.

2. Memasak

Memasak.

Disaat kamu bosan hanya di rumah, cobalah mampir ke dapur. Kok ke dapur? Iya, banyak hal positif yang kamu dapat. Selain dapat lebih hemat masak sendiri di rumah, kamu dapat memberi kesenangan pada dirimu melalui memasak. Kamu juga tidak perlu merasa was-was akan kebersihan makanan tersebut karena diolah sendiri. Jika ada resep masakan yang belum pernah dicoba, kamu juga bisa bereksperimen memasaknya dengan melihat tutorial video atau sekedar dengan bahan yang ada.

3. Komunikasi Dengan Keluarga

Komunikasi Dengan Keluarga.

Jika biasanya kamu terlalu sibuk tugas atau pulang kuliah langsung tidur, kini kamu harus memanfaatkan waktumu untuk keluargamu. Sekedar menonton televisi, makan bersama keluarga, mengobrol, dan perbanyak komunikasi dengan mereka menjadi sangat sayang untuk dilewatkan untuk saat ini. Eiiitssss…untuk kamu yang merantau tak perlu khawatir, kamu bisa lebih sering telepon atau video call dengan keluargamu tanpa terganggu jam kuliah.

4. Mengatur Waktu

Mengatur Waktu.

Kamu harus dapat mengatur waktu. Terkadang, waktu berjalan begitu cepat saat kamu sedang tiduran bersama gawaimu. Tak jarang kamu melewatkan jam makan dan juga waktu mengerjakan tugas. Untuk itu, tentukan waktu makanmu dan istirahat sejenak dari gawai agar tidak lupa waktu dan tidak lupa ibadah.

5. Tugas Adalah Karya

Tugas Adalah Karya.

Walaupun PJJ, tugas tetap diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya. Sebagai perguruan tinggi berbasis vokasi, tentunya PoliMedia menuntut mahasiswanya memiliki skill untuk menghasilkan karya. Nah, kamu jadi memiliki waktu yang banyak untuk memaksimalkan tugasmu. Jadikan tugasmu sebagai hobi dan karya untuk menguji kemampuanmu dengan manfaatkan internet, seperti mencari referensi terbaik bahkan mengikutlombakan karyamu!

Jurnalis: Yuni Puspita Dewi

Editor: Viona Rizkia Ananda

Gambar: freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *