Yuk! Produktif Saat Puasa dengan 7 Olahraga Ini

Majalahketik.com (15/5/2020) – Halo Sobat Ketik! Semoga selalu sehat, ya. Menjalankan ibadah puasa dan hari-hari selama karantina di rumah, bukan berarti membuat kita untuk bermalas-malasan. Kita juga harus selalu menjaga kondisi kesehatan kita, lho. Kali ini Majalah Ketik akan memberikan rekomendasi dan tips untuk tetap produktif berolahraga saat puasa. Yuk kita simak!

1. Aerobik

Aerobik.

Olahraga pertama yakni senam aerobik. Di bulan puasa, alangkah baiknya jika kamu membiasakan senam minimal 40 menit sehari untuk menjaga kebugaran tubuh. Waktu yang tepat untuk senam adalah setelah subuh atau di pagi hari. Tapi kalau tidak bisa, kalian bisa melakukannya saat ngabuburit menunggu buka puasa, lho.

2. Renang

Renang.

Renang di bulan ramadan agak riskan, sih, takutnya air masuk ke mulut dan bikin puasamu batal. Jadi harus ekstra hati-hati ya jika kamu memilih olahraga ini. Anyway, renang merupakan olahraga ringan yang ampuh bakar kalori. Berenang selama 30 menit bisa membakar 350-400 kalorimu, lho. Tapi berenangnya jangan terlalu capek, ya dan hati-hati airnya jangan sampai tertelan. Oiya, tentunya olahraga ini cuma buat kamu yang punya kolam renang di rumah.

3. Jalan Cepat

Jalan Cepat.

Jalan cepat adalah olahraga ringan selanjutnya yang cocok dilakukan saat ramadan. Kamu nggak perlu pergi ke taman atau jalanan buat berjalan cepat. Cukup lakukan olahraga ini di pekarangan rumah, bahkan di dalam rumah pun bisa. Simple banget, kan?

4. Naik Turun Tangga

Naik Turun Tangga.

Pernah ngerasain gimana capeknya naik tangga 10 lantai? Nggak, kamu nggak perlu ngelakuin itu, nanti ujungnya malah nyari warteg terdekat saking lapar dan hausnya. Kamu cukup mendaki tangga di rumahmu, lalu turun dan naik lagi. Pelan-pelan saja, ya!. Yang penting badanmu berkeringat. Tapi ingat, sebelum itu lakukan pemanasan dulu ya.

Baca Juga : Tetap Sehat Berpuasa di Tengah Pandemi, Ini Tipsnya!

5. Push-up dan Sit-up

Push-up dan Sit-up.

Selain membuat badan bugar, push-up dan sit-up bisa membentuk tubuhmu agar tampak lebih ideal. Belum lagi, olahraga ini bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam kamar. Jadi sebenarnya, kamu nggak perlu pergi ke luar kamar buat berolahraga jika kamu menganggap push-up/sit-up di rumah aja udah cukup.

6. Yoga

Yoga.

Mungkin Yoga adalah jenis olahraga paling ringan di daftar ini, tapi olahraga ini memiliki efek yang berat, lho. Pelatihan teknik pernapasan dalam yoga, membantu penyuplaian oksigen ke otak sehingga kita bisa merasa rileks, nyaman, dan tenang saat berpuasa. Kalau bisa, pilih ruangan yang paling tenang di rumahmu saat melakukan yoga. Penasaran? Bisa dicoba nih kalau kalian suka dengan tempat yang sunyi!

7. Skipping

Skipping.

Yup, inilah olahraga yang paling umum dilakukan dimanapun dan kapanpun, nggak terkecuali di bulan ramadan. Hanya saja untuk sekarang mungkin porsi skipping-nya agak dikurangi dari hari biasa, biar nggak terlalu capek. Karena olahraga ini sangat menguras energi kalian.

Nah, itulah 7 rekomendasi dan tips untuk tetap produktif berolahraga saat puasa. Mau coba yang mana dulu, nih? Bulan ramadan bukanlah halangan untuk berolahraga, ya!. Hanya porsinya saja yang disesuaikan. Semoga bermanfaat dan jangan bosan untuk tetap berada di rumah.

Jurnalis: Windu Wulan Ayu Lestari

Editor: Early Meidiasa Prameswari

Sumber: www.loop.co.id