Tetap Sehat Berpuasa di Tengah Pandemi, Ini Tipsnya!

Majalahketik.com (8/5/2020) – Halo Sobat Ketik, gimana puasanya? Sudah hampir dua minggu berpuasa, semoga Sobat Ketik selalu sehat ya selama di rumah. Tahun 2020 menjadi tahun yang berbeda bagi umat muslim dalam menyambut bulan suci ramadan lantaran adanya Pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk selalu berada di rumah serta social distancing.

Berpuasa di tengah Pandemi Covid-19 bukanlah perkara mudah. Sebab, tubuh harus menahan rasa lapar dan haus selama kurang lebih tiga belas jam ditambah menjaga sistem imun agar terhindar dari berbagai macam virus.

Maka dari itu, puasa kali ini akan terasa lebih berat dari biasanya. Untuk puasa tahun ini, Sobat Ketik harus menjalaninya dengan lebih bijak dan hati-hati, guna menghindari penyebaran virus covid-19 karena sampai saat ini, orang yang terpapar virus corona sudah mencapai 12.438 di negara kita, Indonesia.

Menjaga sistem imun tubuh menjadi lebih baik itu sangat penting. Sebab, tubuh cenderung lebih mudah lemas saat tidak makan dan minum untuk jangka waktu yang lama. Berikut tips tetap sehat berpuasa di tengah pandemi!

1. Rutin Berolahraga

Berolahraga ketika puasa, kenapa tidak? Berolahraga secara rutin di bulan puasa ini ternyata bisa meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Apalagi, berolahraga ringan sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tidak hanya itu, berolahraga juga menambah aktivitas di kala Sobat Ketik sedang bosan. Berolahraga ketika puasa biasanya dilakukan pada sore hari ketika ingin berbuka puasa. Hal ini dilakukan agar tubuh Sobat Ketik tetap aktif dan sehat.

Baca Juga : Intip Yuk! 5 Hal Ikonik Ini Mengingatkanmu Pada Bulan Ramadan

2. Mengonsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen juga menjadi sebuah tips sehat menjalani puasa di tengah Pandemi Covid-19. Dengan mengonsumsi suplemen, kinerja sistem imun tubuh akan stabil serta terjaga dari berbagai penyakit. Suplemen yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh yaitu vitamin C, D, dan zinc. Minum suplemen tersebut ketika sahur dan berbuka secara teratur dan sesuai anjuran dokter, ya!

3. Konsumsi Buah-buahan

Ketika bulan ramadan, jargon “Berbukalah dengan yang manis” membuat kita tergiur untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis. Tetapi, mengonsumsi makanan manis terutama yang mengandung pemanis buatan, bisa memicu penyakit diabetes lho. Maka dari itu Sobat Ketik bisa menggantinya dengan buah-buahan seperti stroberi, alpukat, apel, jeruk, dan lain-lain. Mengonsumsi buah-buahan sangat baik karena kandungan nutrisi pada buah bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit.

Itu dia beberapa tips tetap sehat berpuasa di tengah Pandemi Covid-19, semoga tips ini bermanfaat bagi Sobat Ketik yang ada di rumah ya! Jangan lupa selalu cuci tangan dan tetap berada di rumah sesuai anjuran pemerintah. Semoga Pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas seperti semula.

Penulis: Muhammad Thoifur

Editor: Ratih Rachma Juwita