Follow

Geliat Program Kreativitas Mahasiswa Tahun 2024 di PoliMedia

PoliMedia menyiapkan berbagai kegiatan guna menggerakkan mahasiswa dan dosen untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Menurut Suratni, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, PoliMedia telah menyiapkan kegiatan sosialisasi PKM untuk mahasiswa dan dosen PoliMedia, coaching clinic penulisan proposal PKM, dan workshop review proposal PKM bagi dosen pembimbing.

Ada dua jenis PKM, yaitu pendanaan dan insentif. PKM pendanaan, yaitu PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), dan PKM Video Gagasan Konstrutif (PKM-VGK). Sedangkan, PKM insentif terdiri dari PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT).

Sosialisasi PKM untuk mahasiswa PoliMedia dilakukan oleh Divisi Layanan Minat Bakat dan Kreativitas Bidang Kemahasiswaan PoliMedia bersama Minbak BEM PoliMedia 19–23 Februari 2024 di Gedung Pusgiwa Lantai 2. Sosialisasi kepada mahasiswa ini bertujuan mengenalkan jenis-jenis PKM kepada mahasiswa, dan menjelaskan manfaat mengikuti PKM bagi mahasiswa. Sosialisasi ini dilaksanakan dalam dua sesi untuk memastikan bahwa semua informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta. Dalam rangkaian acara tersebut, peserta akan mendapatkan informasi terperinci mengenai jadwal, persyaratan, dan manfaat dari PKM secara komprehensif.

Selanjutnya, pada Selasa, 20 Febuari 2024 PoliMedia mengadakan kegiatan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 untuk Dosen PoliMedia yang bertempat di aula PoliMedia Gedung A Lantai 3. PKM merupakan kegiatan untuk meningkatkan mutu bagi mahasiswa di perguruan tinggi untuk dapat menerapkan, mengembangkan, serta menyebarluaskan budaya serta informasi kepada masyarakat. Acara ini berlangsung dua jam, pukul 14.00-16.00 WIB, dan dipandu oleh Rr. Christina Mayang sebagai moderator pada kegiatan sosialisasi PKM 2024. Materi yang dibawakan berupa overview PKM, update pedoman PKM 2024, alur seleksi PKM 2024, dan manfaat menjadi dosen pendamping PKM.

Bidang Kemahasiswaan menggandeng Bayu Dwi Nurwicaksono dan Handika Dany Rahmayanti sebagai narasumber. Keduanya adalah dosen PoliMedia yang pernah mendapatkan hibah PKM pada waktu kuliah dulu, dan saat ini juga berprofesi sebagai Reviewer PKM Nasional. Kegiatan sosialisasi PKM ini menjadi ajang untuk mempersiapkan dosen Polimedia untuk lebih memaksimalkan pendampingan untuk mahasiswa PKM 2024 nantinya.

Sosialisasi PKM ini bertujuan guna mengingatkan kembali dosen Polimedia sebagaimana untuk mendukung tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan sosialisasi berulang diawal tahun yang bertujuan untuk merevitalisasi dan mengapresiasi dosen-dosen PoliMedia yang sudah pernah bergabung maupun yang baru saja bergabung sebagai pendamping.

Perlu diketahui bahwasanya PKM ini diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk para mahasiswa setiap tahunnya yang bertujuan untuk mengasah kreativitas, mengasah skill menulis, menyampaikan, menuangkan ide kreatif, dan memberikan pengalaman untuk pengembangan diri juga memperluas koneksi. Hal yang membedakan sosialisasi PKM tahun ini dengan tahun sebelumnya terletak pada program pendanaan nasional.

“Pada tahun 2023, PoliMedia berhasil meloloskan 12 tim untuk mendapatkan pendanaan. Semoga tahun ini kita mendapatkan lebih banyak tim yang lolos atau setidaknya mempertahankan raihan tahun lalu,”

Suratni, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan.

Kegiataan pelaksanaan PKM ini berlangsung hingga Agustus 2024, dimana mahasiswa dapat mengikuti sesuai bidang yang diminati.

Sebagai penutup, Suratni berharap para dosen PoliMedia terpanggil untuk menjadi dosen pendamping yang berkenan memdampingi para mahasiswa mulai dari pencarian ide, penulisan proposal, hingga unggah proposal PKM. “Coaching clinic penulisan proposal PKM dan workshop review proposal PKM merupakan kegiatan selanjutnya yang berkesinambungan dengan kegiatan sosialisasi PKM ini,” tambah Suratni.

PKM ini akan menjadi kesempatan yang berharga bagi mahasiswa PoliMedia untuk mendapatkan pengalaman aktivitas di luar kelas. Ambil bagian, gunakan kesempatan ini untuk berkontribusi ke PoliMedia dan berprestasi dalam PKM 2024 ya, Sobat Ketik!

Teks: Intan Safitri

Editor: Jasmine Al Ramadhani

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts