JAKARTA, majalahketik.com – Mahasiswa PoliMedia Program Studi (Prodi) Teknologi Permainan telah mengembangkan sebuah permainan edukasi inovatif dengan konsep simulasi bisnis laundry yang dimulai pada awal 2024. Tim pengembang terdiri dari empat orang yaitu Ahmad Fachrozi Suhand sebagai game artist, Panji Christian Siagian sebagai game designer, Dendy Maulana Ibrahim sebagai game programmer dan level design, dan Adam Syafiq Aqil sebagai audio engineer.
BACA JUGA : https://majalahketik.com/duniakampus/history-of-cosplay-hesti-nurhayati/
Permainan ini dirancang untuk menjadi media pembelajaran yang efektif sekaligus menarik, khususnya ditujukan bagi anak-anak dan remaja. Tujuan diciptakannya platform interaktif yang memungkinkan pemain belajar tentang manajemen bisnis dan pelayanan pelanggan dalam lingkungan yang menyenangkan. Mahasiswa Teknologi Permainan ini berharap dapat menyampaikan pengetahuan tentang manajemen bisnis dan keterampilan interpersonal kepada anak-anak dan remaja melalui sarana yang mudah diakses dan menyenangkan.
Tim yang terdiri dari empat orang ini masing-masing anggota memiliki tanggung jawab spesifik, mulai dari pembuatan aset visual dan antarmuka pengguna, implementasi teknis, desain konsep permainan, hingga penciptaan dan pengaturan elemen audio. Kolaborasi dan pembagian tugas yang jelas sangat penting dalam pengembangan permainan ini, dengan masing-masing anggota fokus pada bidang keahlian mereka.
Permainan ini dikembangkan secara mandiri di rumah masing-masing anggota tim dengan menggunakan peralatan pribadi, dan komunikasi dilakukan secara virtual. Kerja jarak jauh ini menjadi tantangan tersendiri, namun semua berhasil diatasi dengan komunikasi yang efektif dan penggunaan teknologi yang tepat. Promosi dan pemasaran akan dilakukan melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Facebook, dan YouTube. Strategi pemasaran yang tepat diharapkan dapat mencapai audiens yang luas dan mendapatkan respon positif dari target pengguna.
Pilihan untuk membuat permainan simulasi bisnis laundry didasarkan pada potensi yang menggabungkan elemen edukasi dengan gameplay yang menarik. Permainan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bermain yang unik dan mengajarkan keterampilan yang berguna dalam kehidupan nyata. Dalam permainan ini, pemain akan belajar tentang berbagai aspek manajemen bisnis seperti melayani pelanggan, mengelola keuangan, dan meningkatkan layanan melalui upgrade peralatan dan fasilitas. Pentingnya permainan ini terletak pada kemampuannya untuk memberikan pengalaman unik dalam menjalankan bisnis laundry secara virtual. Permainan ini dapat membantu pemain belajar tentang manajemen bisnis dan pelayanan pelanggan, desain grafis dan musik dalam permainan ini juga sangat penting untuk menciptakan suasana yang hidup dan mendukung pengalaman bermain.
Permainan ini ditargetkan akan rilis pada awal tahun 2025 setelah melalui tahap pengembangan dan pengujian selama satu tahun. Pengujian beta dijadwalkan pada November 2024 dan akan dibuka untuk umum, timbal balik dari pengguna awal sangat penting untuk menyempurnakan permainan sebelum dirilis agar memenuhi kebutuhan dan harapan para pemain.
Permainan ini akan didistribusikan di platform PC melalui Itch.io dan Steam, platform yang populer di kalangan gamer dan mudah diakses oleh pengguna di seluruh dunia. Unity dipilih sebagai game engine utama karena mendukung optimisasi untuk berbagai perangkat dan platform. Engine ini juga mendukung berbagai macam platform, yang sangat penting untuk memastikan permainan ini dapat diakses oleh banyak pengguna.
Pembimbing proyek, Yeni Nurhasanah, memberikan arahan dan bimbingan sepanjang proses pengembangan. Bimbingan ini sangat berharga dalam memastikan kualitas dan efektivitas permainan edukasi yang dikembangkan. Proses pembuatan permainan ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu brainstorming dan perancangan konsep, pengembangan aset seperti model 3D, tekstur, dan UI, serta mengintegrasikan semua aset dan elemen gameplay menjadi permainan yang dapat dimainkan.
Sumber daya dan referensi untuk pengembangan permainan ini diperoleh dari berbagai tutorial online, tren permainan masa kini, dan situs web permainan. Informasi ini membantu tim pengembang untuk memastikan bahwa permainan yang dikembangkan up-to-date dengan teknologi dan tren terbaru. Pengujian beta yang dibuka untuk umum pada November 2024 diharapkan dapat memberikan timbal balik yang berharga untuk meningkatkan kualitas dan fungsionalitas permainan sebelum rilis resmi.
Adapun tonggak penting permainan ini yang ditetapkan selama fase perencanaan, dimana setiap langkah dan pencapaian utama dirinci secara mendetail untuk memastikan jalannya proyek sesuai dengan target yang telah ditentukan. Pada tahap ini, tim pengembang menetapkan berbagai indikator keberhasilan dan jadwal pelaksanaan, mulai dari desain awal, pengembangan, pengujian, hingga peluncuran final. Penetapan tonggak ini sangat krusial untuk memantau kemajuan proyek, mengidentifikasi potensi hambatan sejak dini, dan melakukan penyesuaian yang diperlukan agar semua tujuan proyek dapat tercapai tepat waktu dan sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Dengan adanya tonggak yang jelas, tim dapat bekerja lebih terarah dan efisien, memastikan setiap aspek dari permainan simulasi laundry edukatif ini dikembangkan dengan kualitas terbaik.
“Harapan dari saya, semoga game ini bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan dan dapat mengedukasi para pemain dalam mengelola usaha laundry. Semua kritik dan saran akan kami tampung, sehingga game ini bisa terus berkembang dan mendapatkan panggung di industri game. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim atas kerja sama yang luar biasa selama proses pembuatan game ini. Semoga pengalaman dan pembelajaran yang didapatkan selama proses pembuatan game, bisa membantu kalian berkembang lebih jauh di masa depan. Untuk capaian game ini, kami berharap dapat menerima sambutan positif dari para pecinta game atau gamers. Dengan demikian, game ini bisa mencapai target yang telah ditetapkan, baik dari segi jumlah pemain, target audiens, maupun pendapatan”
ujar Dyma.
Proyek ini adalah bukti dedikasi dan kerja keras tim dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan inovatif di dunia pendidikan dan teknologi permainan. Tim pengembang merasa bangga dengan apa yang telah dicapai dan berharap permainan ini dapat memberikan dampak positif bagi banyak orang, serta menjadi awal dari banyak proyek inovatif lainnya di masa depan.
Teks : Intan Safitri
Editor : Jasmine Al Ramadhani