Follow

VokasiFest X Festival Kampus Merdeka 2023: 2 Acara Besar dalam Perayaan Kampus Merdeka

Majalahketik.com (12/12/2023) – Pada 11-12 Desember 2023 telah diselenggarakan 2 acara besar, yaitu VokasiFest X Festival Kampus Merdeka 2023 dalam rangka merayakan transformasi pendidikan indonesia melalui merdeka belajar guna menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) unggul yang mewujudkan Indonesia emas 2045. Acara ini berlokasi di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta yang dimulai pada pukul 09.00 – 15.40 WIB dengan mengusung tema “Melalui gerakan Merdeka Belajar, transformasi pendidikan ciptakan SDM unggul untuk Indonesia emas”.

Baca juga : Perayaan Natal Imani 2023 Usung Tema God is Our Victory

VokasiFest X Festival Kampus Merdeka di tahun 2023 ini merupakan acara yang ke-3 kalinya diselenggarakan. Acara ini merupakan dua perayaan besar dalam dunia pendidikan Indonesia dengan fokus yang saling melengkapi, yaitu transformasi pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Kedua kegiatan ini membawa pesan penting tentang peran pendidikan dalam menghadirkan SDM yang berkualitas, relevan dengan kebutuhan industri, dan siap menghadapi perubahan global. MBKM sendiri hadir untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengeksplor minat mereka melalui pembelajaran di luar kampus. 

Acara ini dihadiri oleh beberapa jajaran Menteri Pendidikan, Nadiem Anwar Makarim, serta tamu kehormatan Presiden Republik Indonesia yaitu Joko Widodo yang sekaligus membuka dan meresmikan acara VokasiFest X Festival Kampus Merdeka 2023, serta tamu undangan para siswa-siswi dari beberapa SMK di Indonesia, dan teman-teman mahasiswa peserta MBKM. 

Banyak rangkaian kegiatan yang ada di acara VokasiFest X Festival Kampus Merdeka ini, mulai dari talkshow, workshop, informasi karier, skill, program MBKM, pameran vokasi dari teman-teman politeknik se-Indonesia, pasar senggol yang diisi dengan produk hasil karya beberapa teman-teman SMK maupun Politeknik yang ada di Indonesia, puncak hiburan oleh Novia Bachmid, Novia Situmeang, dan hanin Dhiya, serta beberapa penampilan lainnya. 

Adapun salah satu sesi talkshow dengan membawakan tema “Kampus Merdeka sebagai Wadah Pengembangan SDM unggul” dan diisi oleh narasumber dengan latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari Jovial Da Lopez sebagai Public Figure, Athi Nur Auliati sebagai Duta Kampus Merdeka 2023, Dr. Nelly, S.kom., M.M., Osca selalu Rektor Binus serta beberapa narasumber lainnya.

Suasana acara VokasiFest X Festival Kampus Merdeka 2023 ini sangat ramai dipenuhi oleh kurang lebih 300 peserta program MBKM. Selain itu, acara ini juga bisa ditonton oleh teman-teman yang tidak bisa hadir secara langsung melalui akun YouTube KEMENDIKBUD RI. 

Semenjak adanya transformasi pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), banyak teman-teman mahasiswa yang merasakan akan benefit dari program tersebut. Seperti yang dirasakan oleh Athi Nur Auliati selaku Duta Kampus Merdeka 2023, “Saya alumni Kampus Mengajar angkatan pertama, lalu alhamdulillah saya dapat medali emas nih dari Kemendikbud pada lomba Puspresnas atau lomba tentang MBKM waktu itu. Kemudian saya bisa bebas skripsi dari FMIPA UNY dan direkogmisi oleh Pusat Prestasi Nasional sehingga saya bisa mendapat beasiswa untuk S2 dan alhamdulillah saya sekarang sudah selesai S2 teman-teman,” ujar Athi menceritakan pengalamannya setelah mengikuti program MBKM. 

Teks: Tsabita Aulia Rahma
Editor: Anis Salamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts