Tunjukan Bakatmu di SatPol 2016

Sahabat Politeknik atau biasa disebut Satpol 2016 dengan tagline “Create Your Creativity With The Games” merupakan ajang para mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang seni dan olahraga. Selain itu acara ini juga merupakan wadah bagi para mahasiswa politeknik se-Jakarta Raya Banten untuk mengembangkan potensi non-akademik mereka.  Lomba yang terdapat dalam acara ini antara lain basket, futsal, tenis meja, karaoke, catur, muskalisasi puisi, dan ranking satu. Tidak hanya lomba seni dan olahraga namun juga terdapat seminar dengan tema “Hidup Sehat Berfikir Pintar”. Satpol 2016 diselenggarakan pada tanggal 24 April hingga 29 Mei 2016.

Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta yang terletak di daerah Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan berkesampatan menjadi tuan rumah dalam acara tahunan yang diselenggarakan oleh FKMPI. Namun khusus untuk pertandingan futsal tidak dilaksanakan di Poltek APP Jakarta melainkan di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, karena di Poltek APP Jakarta sedang berlangsung acara lain sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan lomba futsal disana.

Jumlah keseluruhan peserta yang meramaikan acara ini kurang lebih sekitar 500 orang dari berbagai Politeknik yang terletak di daerah Jakarta-Banten antara lain Poltekkes Jakarta I, Poltekkes Jakarta II, Poltekkes Jakarta III, Polman Astra, Politeknik Bunda Kandung, Politeknik Swadarma, Politeknik Tugu, Politeknik Negeri Jakarta, PoliMedia serta masih banyak peserta yang berasal dari Politeknik lain.

“Kendala yang kita alami itu dari sumber daya manusianya, seluruh panitia berasal dari berbagai politeknik dan mereka punya kesibukan masing-masing jadi agak susah menetukan waktu untuk berkumpul membahas acara ini. Selain itu acara kami terbagi di dua titik yaitu Poltek APP dan PoliMedia. Di PoliMedia acara dilaksanakan di indoor sedangkan di Poltek APP outdoor jadi kami juga memiliki kendala di cuaca”. Ujar Serly Gunawan selaku ketua panitia Satpol 2016.

Sahabat Politeknik telah diselenggarakan sebanyak enam kali. Dan acara Satpol tahun ini agak berbeda dengan Satpol sebelumnya. Apa sih bedanya? Pertama, di acara satpol tahun ini terdapat lomba baru yaitu lomba musikalisasi puisi. “Saya ingin menyadarkan para mahasiswa bahwa sastra itu penting, oleh karena itu saya merealisasikan pemikiran saya tersebut melalui lomba musikalisasi puisi ini”. Ujar Gunawan

Kedua, pada Satpol tahun ini para alumni ikut terlibat. Jadi, terdapat pertandingan spesial antara panitia melawan alumni. Namun pertadingan ini tidak terdapat di semua cabang perlombaan, melainkan hanya lomba futsal dan basket. Pertandingan spesial ini diselenggarakan di akhir acara sebelum pertandingan final.

“Saya berharap semoga dengan terselengaranya acara ini, kami dapat lebih mempererat tali silaturahmi antar Politeknik khusunya Polteknik se-Jakarta Raya Banten dan semoga kita juga bisa lebih mengenal teman-teman kita dari Politeknik lain” ujar Gunawan.

Oleh    : Indah Permatasari

Editor : Muhammad Syahid

Foto    :