Follow

PoliMedia X Arize Luncurkan Video Musik Animasi “Say Yes”

Politeknik Negeri Media Kreatif  bersama Arize meluncurkan Musik Video dari single terbarunya yang berjudul “Say Yes” dengan penciptaan video 360 derajat dan animasi. Hal tersebut merupakan hasil kolaborasi dalam Project Based Learning antara Prodi Penyiaran, Prodi Animasi, dan Arize.

Arize merupakan girl group asal Indonesia yang terdiri dari Allequa, Amabelle, Ella, dan Aurell yang baru saja mengeluarkan single ke-4 nya yang berjudul Say Yes. Musik video tersebut menggabungkan video klip pada umumnya dengan animasi. Hal ini menjadi terobosan pada produksi video musik dengan perpaduan bidang di industri kreatif. Dalam kerja sama ini, prodi penyiaran membuat video musik 360 derajat yang melibatkan pengambilan atau rendering video dengan cara yang memungkinkan penonton mengontrol sudut pandang ke segala arah.

Proyek ini adalah Project Based Learning berupa pembuatan video klip dengan Arize Management dimana prodi penyiaran bertanggung jawab mengerjakan video 360 dan berperan sebagai kameramen dalam bagian tariannya. Proses ini telah didasarkan pada MoU dari Arize Management itu sendiri. Proses pengerjaan musik video 360 ini dikerjakan oleh Rifqi Aditya, Farhan ardhiasandy mahasiswa PoliMedia semester 4 dan juga ada alumni prodi penyiaran yaitu Lulu Sofia dan Muhammad Zaki yang peran sertanya sebagai kameraman, pengarah gambar, teknis, dan lighting.

Proses pengerjaan proyek ini terbagi dalam beberapa hari. Sesi pertama di studio yang hanya memakan waktu satu hari dan diselingi dengan sesi pemotretan. Selain di studio, pengambilan gambar juga dilakukan di Hotel Sampoerna dan di pulau. Berbagai kendala dihadapi Rifqi dan kawan kawan selama proses syuting video musik ini, mulai dari kendala teknis hingga kebutuhan untuk mengambil banyak footage agar variasi shot dan sudut pengambilan gambar dapat tercapai.

Tidak hanya sampai disitu, Prodi Animasi bekerja sama dengan Prodi Penyiaran untuk membuat animasi dalam video musik Say Yes yang telah rampung dikerjakan oleh Arkan, Gentala, mahasiswa PoliMedia semester 4 dan Muhammad Khoiri Amrulloh alumni prodi animasi tahun 2022.

Awal mulanya mereka diskusi dengan Adrian selaku Kaprodi Penyiaran dan Tri Fajar selaku pembimbing yang kemudian dimulai dengan membuat moodboard dan storyboard hasil dari brainstorming ketiga mahasiswa tersebut, lalu dilanjutkan dengan pengerjaan animasi hingga tahap finishing yang dikerjakan dalam waktu singkat. Prodi Animasi berkoordinasi melalui Adrian selaku Kaprodi Penyiaran, yang memberikan hasil video musik yang sudah dikerjakan oleh mahasiswa Prodi Penyiaran. Kemudian, prodi Animasi membuat animasi berdasarkan gerakan dalam video tersebut menggunakan teknik tracking dan tracing berbasis Adobe. Koordinasi yang mereka lakukan melalui Adrian, tanpa perlu pertemuan langsung.

“Sayangnya, deadline yang terlalu singkat membuat hasilnya kurang maksimal”

pungkas Khoiri dalam wawancaranya bersama Ketik.

Kolaborasi ini juga mendorong untuk terciptanya Teaching Factory (Tefa) di PoliMedia. Konsep pelaksanaan industri di dalam kampus, sehingga mahasiswa mampu merasakan dunia industri sejak dini. Pelaksanaan Tefa ini juga bisa menjadi salah satu income generator bagi PoliMedia. Eksekutif Produser Arize, Kasandra Putranto menyebutkan bahwa kolaborasi ini untuk meningkatkan kreativitas anak muda dan memajukan industri musik indonesia ke ranah musik internasional. Hal ini terbukti bahwa karya anak bangsa juga mampu menghasilkan produk yang bagus. Sehingga produk mahasiswa terbut, tidak hanya dalam rangka memenuhi tugas saja, namun memiliki nilai ekonomis di dalamnya.

Saat ini pengerjaan musik video Say Yes sudah rampung dikerjakan. Musik video “Say Yes” dari Arize telah dirilis pada tanggal 25 Mei 2024 yang dapat disaksikan melalui akun resmi Instagram Arize di @Arize.Official_ dan kanal YouTube Arize_Official. Jangan lewatkan untuk menyaksikan dan menikmati karya terbaru mereka.

Teks: Intan Safitri

Editor: Jasmine Al Ramadhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts