Follow

Bilik Cafe, Ciptakan Suasana Nongki sambil Bermain dengan Anabul

Processed with VSCO with m5 preset

Cafe menjadi salah suatu tempat untuk berbincang maupun sekedar menenangkan pikiran, cafe menyajikan berbagai macam menu, mulai dari kopi hingga cemilan ringan. Ketika pikiran terasa lelah, meminum kopi sambil bermain bersama kucing bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk Sobat Ketik coba. Nah, suasana unik tersebut dapat kamu rasakan di Bilik Cafe Coffee & Eatery. Kafe ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi, lho, Sobat Ketik! 

Bilik Cafe yang baru dibuka pada 28 Januari 2023 ini berlokasi di tempat yang strategis dan terjangkau. Terletak di jalan K.H.M Usman nomor 80A, Kukusan, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat, berdekatan dengan kampus Universitas Indonesia dengan akses menuju ke Bilik Cafe dapat menggunakan transportasi pribadi dan transportasi umum.

Baca juga : “Litter Crittes” Pameran Gratis Seniman Belanda yang Unik

Perpaduan Kafe dan Kucing

Dengan nuansa yang unik, Bilik Cafe memiliki konsep yang berbeda dengan Cafe pada umumnya. Bukan something new, namun jarang yang ada yang memilikinya, “Konsep dari Bilik Cafe terinspirasi dari Cat Coffee yang berada di USA yang memadukan antara kafe dan kucing. Efek minum kopi sambil bermain dengan kucing bisa menciptakan relax and happy,” ujar Meidy (26) selaku owner Bilik Cafe. Meidy sebagai cat lovers sejati pun menyampaikan tujuan utama dibangunnya Bilik Cafe, yaitu untuk memperkenalkan kucing-kucing yang berasal dari shultter ke para Adopter

Keunikan dari konsep kafe ini pun menciptakan ragam varian menu kopi dan makanan, mulai dari snack & desserts, beverages, nasgor kucing, dan pasta mi yang dibanderol dari mulai harga Rp. 15.000 hingga Rp. 35.000. Seperti pada salah satu menu makanannya, yaitu omurice nasi goreng putih yang memiliki tekstur lembut dan mengenyangkan. Namun, apabila ingin makan yang ringan, kamu bisa mencoba fruity waffles dengan taburan buah, krim, dan kacang almond yang menggugah selera. Untuk minumnya juga ada berbagai varian, kamu bisa mencoba kopi aren maupun caramel macchiato

Bilik Cafe dibuka setiap hari Selasa – Minggu, pukul 13.00 – 21.00 WIB. Bilik Café memiliki tempat yang nyaman, serta beberapa fasilitas, seperti mushola, AC, wifi, smoking room, cat playground dan toilet. Selain itu, Bilik Cafe memiliki dua lantai, lantai 1 dikhususkan untuk work place pengunjung. sedangkan lantai 2 adalah Cat Room

Cat Room

Processed with VSCO with m5 preset

Kalau kamu mau meminum kopi sambil bermain bersama para anabul, kamu bisa menuju ke lantai dua dengan biaya tambahan sebesar Rp. 25.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp. 15.000 untuk pengunjung anak-anak. Namun, sebelum kamu memasuki area Cat Room, kamu harus mematuhi rules yang sudah disediakan.

Sebelum memasuki Cat Room :

  • Mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Melepas alas kaki.
  • Menggunakan selop yang disediakan oleh Bilik Kucing.

Ketika bermain di dalam Cat Room :

  • Batas durasi bermain adalah 2 jam, kamu akan diberitahukan 5 menit sebelum durasimu berakhir.
  • Pengunjung anak-anak harus diawasi oleh pendampingnya.
  • Jangan memberikan makananmu kepada kucing.
  • Beritahu cat crew terlebih dahulu jika ingin menggendong kucing.
  • Tidak menganggu kucing yang sedang tidur maupun makan.
  • Jangan menggunakan flash saat memotret kucing.

Setidaknya, ada 14 kucing sebagai kapasitas maksimal. Dari 14 kucing tersebut, mereka memiliki nama, julukan dan asal muasal mereka ditemukan. Kalau kamu tertarik dengan salah satu anabul, kamu bisa mengadopsinya dengan beberapa persyaratan, yaitu mengisi sebuah form lalu diseleksi karena kebutuhan setiap kucing yang memiliki perawatan berbeda. Contohnya, untuk persyaratan kucing Big bone Persia harus makan dengan merek yang cenderung mahal. Namun, terdapat juga kucing domestic yang tidak begitu rewel, sehingga memudahkan adopter untuk merawatnya.

Untuk kesehatan dan kebersihan para anabul tidak perlu dikhawatirkan lagi. Seluruh kucing yang berada di dalam kafe sudah disterilisasi, injeksi vitamin, vaksin dan rutin dibersihkan oleh Pet Shop. Pada hari Senin, kafe ditutup untuk umum dan diagendakan medical check up berkala kepada para anabul. 

“Pengeluaran selama sebulan untuk biaya keseluruhan anabul kurang lebih 2,5 juta rupiah, pengeluaran cenderung murah dari Cat Cafe lainnya, karena bukan kucing breeder dan sudah disteril. Tidak birahi, jadi aman dari segi kebersihan, tidak pipis sana-sini,” ujar Meidy, “kucing yang kami rawat di kafe ini tetap harus dipilah dan pilih terlebih dahulu, melihat dari segi karakter. Apakah ramah, mau dipegang atau tidak, apakah cenderung teritorial,” tambahnya.

Meidy juga membagikan pengalamannya, “dulu pernah ada kejadian ngebalikin kucing ke asalnya, karena (kucing tersebut) takut sama orang. Selain itu, (kucing tersebut) dalam keadaan hamil. Jadi, kami karantina secara khusus karena maximum 14 kucing di room ini,” ujarnya.

Testimoni Pengunjung

Hana, salah satu mahasiswi Universitas Indonesia mengunjung Bilik Cafe bersama teman sambil nongki-nongki santai. Ia mendapatkan informasi yang Tiktok, ia menyampaikan, “di daerah Depok belum ada Cat Cafe seperti ini, dan harganya cukup terjangkau. Di luar sana bisa sampai 50 ribu untuk masuknya,” ujarnya, “dari segi makanannya enak, terdapat wifi dan fasilitas lainnya, recommended banget,” tambah Hana.

Jadi, bagaimana Sobat Ketik? Apakah tertarik mengunjungi Bilik Cafe di Depok? Jangan lupa ajak teman, kerabat, dan keluarga kamu untuk ngobrol santai sambil bermain sama anabul-anabul yang gemas, ya!

Teks : Khansa Sausan
Editor : Anis Salamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts