Follow

DKJ Fest 2023: Sukses digelar Untuk Perkuat Ekosistem Seni

Majalahketik.com (05/07/2023) – Dewan kesenian Jakarta atau DKJ sukses menggelar DKJ Fest 2023 pada 20 Juni hingga 7 Juli 2023 di area Gedung Trisno Soemardjo dan Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Cikini Raya No. 73, Jakarta Pusat. Rangkaian program yang dipersembahkan DKJ Fest memberikan makna yang menguatkan ekosistem seni agar semakin tangguh, dan menjaga kepentingan publik seni Jakarta.

DKJ memiliki 6 Komite Seni di dalamnya, yaitu Komite Seni Rupa, Komite Film, Komite Musik, Komite Tari, Komite Teater dan Komite Sastra. Terdapat 3 komite yang turut mempersembahkan rangkaian program yang dirangkum dalam kesatuan DKJ Fest 2023, yaitu Komite Seni Rupa, Komite Film, dan Komite Tari. Sedangkan untuk komite yang lainnya turut mengadakan program-program unggulannya di luar kesatuan DKJ Fest 2023.

Baca Juga : HOLEO Golf & Museum: Sensasi Bermain Golf dalam 4 Musim dan Museum Dessert Menakjubkan

Makna Tajuk DKJ Fest 2023

            Merangkum program-program unggulan dari 3 komite dalam DKJ Fest 2023, tema yang diambil di tahun 2023 ini, yaitu “KELINDAN : Meretas Kahar Ekosistem Seni”. Terdapat 2 kata kunci dalam tema yang diusungkan tersebut, yaitu Kelindan dan Meretas Kahar Ekosistem Seni. Makna kata Kelindan diartikan dengan sesuatu yang terkait, kerja yang tidak putus, serta benang merah yang mengaitkan suatu kejadian dengan kejadian yang lain. Sebagai verba, berkelindan mengartikan ‘erat menjadi satu’.

“Kata kunci kedua, yaitu Meretas Kahar Ekosistem Seni. Ini diambil dari isu-isu masalah dalam ruang kesenian. Mengutip kata-kata dari Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta kalimatnya seperti ini, ‘Ayo kita rebut kembali ruang publik untuk masyarakat!’” jelas Fransiskus Sena Pamudya Kirana Putra selaku Humas DKJ.

Isu-isu yang dialami mengenai ruang-ruang kesenian membuat DKJ semangat dalam melihat persoalan kesenian di Jakarta akhir-akhir ini, agar area tersebut dianggarkan untuk publik dan dimanfaatkan untuk publik kembali.

Ragam Program DKJ Fest 2023

DKJ memiliki lebih dari 400 ribu arsip yang dipamerkan setiap tahunnya, arsip-arsip tersebut berupa teks, foto, kaset, dan poster. Tahun ini, Pameran Arsip dan Koleksi DKJ bertajuk “Pekan, Pesta, Festival: Bermula dari Cikini Raya 73”, karena tiga kata yaitu Pekan, Pesta, dan Festival masih digunakan hingga sekarang.

            Dalam Pameran Arsip dan Koleksi DKJ, jejak kesenian yang sudah terjadi pada tahun 1972 hingga tahun 1976 diabadikan dengan sedemikian rupa. Selain untuk sumber informasi, arsip DKJ yang disuguhkan pada setiap tahun juga ditujukan sebagai bentuk DKJ menjalani tugasnya, serta memiliki tujuan agar arsip-arsip tersebut mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat umum.

Selain itu, terdapat Pameran Maestro Film Indonesia “Silang Visual: Film dan Seni Rupa Grafis” dari Komite Film yang mengangkat tokoh film dan seni rupa Indonesia legendaris, yaitu Delsy Syamsumar. Tak hanya itu, terdapat Pekan Koreografi Indonesia dari Komite Tari yang menampilkan pertunjukan dari lima institusi pendidikan seni di Indonesia. Kemudian, ada Unboxing Tari yang menghadirkan Lecture Performance oleh Melati Suryodarmo, dan Lokakarya Artistic Development. DKJ Fest 2023 juga turut mengadakan Diskusi, dan Pemutaran Film yang dapat dikunjungi, serta dinikmati oleh publik dan pencinta seni.

Seluruh rangkaian DKJ Fest 2023 terbuka secara umum dan gratis. Informasi tentang DKJ Fest 2023 dipublikasikan di akun Instagram @ jakartscouncil, jangan sampai tertinggal informasi, ya, Sobat Ketik!

Teks: Rifkah Kusmita Juniati

Editor: Anis Salamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts