Tetap Asyik Ngabuburit Tanpa Keluar Rumah

Majalahketik.com (17/5/2020) – Ramadan kali ini terasa berbeda dengan ramadan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah dan tidak keluar jika tidak dalam keadaan terdesak. Hal ini sangat berpengaruh pada budaya yang biasa kita lakukan, yaitu ngabuburit.

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan ramadan. Biasanya, ngabuburit dilakukan dengan jalan-jalan ke luar rumah, nongkrong bersama sahabat, membeli takjil, dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan kegiatan di luar rumah.

Lalu, bagaimana cara kita supaya tetap bisa ngabuburit tanpa keluar rumah? Berikut beberapa aktivitas ngabuburit yang bisa Sobat Ketik lakukan selama berada di rumah!

1. Belajar Masak

Belajar Masak.

Sejak pemberlakuan PSBB, tidak jarang orang-orang yang mulai menyentuh dapur untuk mengeksplorasi keahlian memasaknya. Nah, belajar memasak ini juga dapat menjadi aktivitas ngabuburit di rumah lho! Selain dapat menambah pengetahuan kita mengenai bumbu-bumbu dapur, kita juga dapat membuat takjil atau makanan khas berbuka puasa ala kita sendiri tanpa harus keluar rumah. Banyak sekali resep-resep ramadan yang dapat kita temukan di internet.

2. Membersihkan dan Menata Ulang Rumah

Membersihkan dan Menata Ulang Rumah.

“Bersih itu sebagian dari iman.” tentunya slogan itu sudah sangat melekat di masyarakat. Apalagi, di masa pandemi seperti ini, kita wajib menjaga kebersihan diri dan lingkungan kita. Selain bersih-bersih, kita juga dapat menata ulang furnitur-furnitur yang ada di rumah kita untuk menciptakan suasana baru agar tidak bosan. Menata ulang rumah juga dapat meningkatkan kedekatan kita dengan keluarga lho!

3. Berburu Diskon online

Berburu Diskon Online.

Diskon tentulah menggoda iman menabung kita. Apalagi, saat bulan ramadan ini, tak jarang platform jual-beli online mengadakan diskon besar-besaran menjelang berbuka puasa. Aktivitas ini dapat kita jadikan sebagai pengganti cuci mata yang biasa dilakukan di rumah lho, Sobat Ketik!

Baca Juga : Yuk! Produktif Saat Puasa dengan 7 Olahraga Ini

4. Berkomunikasi dengan Saudara/Sahabat

Berkomunikasi dengan Saudara/Sahabat.

Sudah jadi budaya ramadan untuk bercengkrama dengan sanak saudara atau sahabat. Berkomunikasi dengan sahabat atau saudara tidak harus dilakukan dengan menemui mereka. Kita dapat menghubungi saudara yang jauh di luar sana dengan melakukan video call dan saling menanyakan kabar masing-masing. Selain menanyakan kabar, kita juga dapat beribadah bersama keluarga melalui video call, lho! Contohnya seperti mengaji bersama-sama.

5. Maraton Film

Maraton Film.

Selama masa pandemi seperti ini, tentu saja bioskop kesayangan kita terpaksa harus tutup. Namun, kita tetap bisa mengakses film gratis melalui aplikasi penyedia film maupun TV Series, seperti VIU, Genflix, Iflix, Goplay dan lainnya. Banyak dari filmmaker yang juga baru merilis film-film terbarunya di periode ini. Jadi, kita tidak akan bosan karena tetap bisa menonton film-film terbaru sembari menunggu waktu berbuka puasa.

6. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Mendekatkan Diri pada Tuhan.

Momen Ramadan ini bagus banget jadi momen mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Bagi kita yang kemarin-kemarin ibadahnya masih bolong-bolong, perbanyak ibadah, yuk!

Itu dia beberapa aktivitas tetap asyik ngabuburit tanpa keluar rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap berada di rumah ya, Sobat Ketik!

Penulis: Valerizma Mutia S.

Editor: Rifdah Jihan Azizah