Follow

Kolaborasi Praktisi Mengajar dan Capaian PoliMedia Tahun 2023-2024

Jakarta, (09/07/2024) PoliMedia menggelar konferensi pers yang bertepatan di Hotel PoliMedia pada pukul 09.50 WIB. Konferensi pers ini membahas mengenai capaian PoliMedia selama tahun 2023-2024. PoliMedia berhasil mencetak banyak prestasi sejak 2023 hingga saat ini, baik tingkat nasional maupun internasional. PoliMedia juga menjadi 12 besar politeknik negeri dengan jumlah pendaftar terbanyak pada Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) pada tahun 2024 dari berbagai sekolah Seperti SMA, SMK DAN MA.

PoliMedia menunjukkan peningkatan pada peminatan di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) baik jalur prestasi dan jalur tes. Pada jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Tahun 2024, PoliMedia diminati sebanyak 2.647 calon mahasiswa dengan peningkatan sebesar 1,9 kali lipat atau 1.222 calon mahasiswa dibanding tahun 2023. Selaras dengan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) diminati 4.709 calon mahasiswa dengan peningkatan hingga 2,7 kali lipat atau 2.961 calon mahasiswa dibanding dengan tahun 2023.

“Terdapat peningkatan peminatan yang signifikan yakni 2 kali lipat dari tahun 2023 ke 2024 pada jalur SNPMB saat ini” jelas Direktur PoliMedia, Tipri Rose Kartika saat berbincang dengan wartawan.

Program studi yang mengalami peningkatan cukup tinggi ada di Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pengemasan yang sebelumnya masih di jenjang D3. Selain itu juga peningkatan peminat pada D3 Prodi Fotografi juga mengalami peningkatan sebesar 8 kali lipat.

“Beberapa prodi mengalami peningkatan yang sangat baik tahun ini, bahkan jalur SNBT kemarin, PoliMedia termasuk 15 Politeknik dengan jumlah pendaftar terbanyak” jelas Tipri.

Selain itu, PoliMedia juga termasuk 12 besar perguruan tinggi vokasi yang memiliki pendaftar dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi dengan rata-rata nilai 524,3. Capain ini menunjukkan bahwa kualitas pendaftar di PoliMedia dapat mendukung lulusan yang terbaik untuk kedepannya.

Berdasarkan rekapitulasi peminatan di SNPMB tiga tertinggi diminati yakni D4 Teknologi Rekayasa Multimedia sebanyak 733 peminat, D3 Penyiaran sebanyak 529 peminat, dan D4 Produksi Film dan TV sebanyak 478 peminat.

Sejak awal tahun sampai dengan akhir Juni 2024, PoliMedia memiliki capaian dari beberapa program dari kementerian. Pada program Indonesian International Student Mobility Awards for Vocational (IISMAVO) tahun ini PoliMedia memberangkatkan sebanyak 21 mahasiswa untuk melakukan studinya di luar negeri selama 1 semester. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 5 mahasiswa dari sebelumnya memberangkatkan 16 mahasiswa.

Pada program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terdapat 103 mahasiswa melaksanakan perkuliahannya di industri. Sedangkan yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), terdapat 18 tim lolos atau sebanyak 84 mahasiswa dengan total pembiayaan sebesar 119 juta rupiah.

“Selain program untuk mahasiswa, PoliMedia juga berkesempatan mengikuti program Praktisi Mengajar, batch 4 ini terdapat 53 praktisi dari berbagai industri berbagi ilmu dan pengalamannya disini”

kata Tipri

Pada Praktisi Mengajar batch 4, tercatat lebih dari 130 praktisi berbagi pada perkuliahan di PoliMedia.

Tipri mengatakan bahwa program Praktisi Mengajar mendorong kolaborasi aktif para praktisi dan dosen untuk meningkatkan wawasan praktis, keterampilan relevan, dan motivasi para mahasiswa menghadapi dunia kerja.

“Program ini bertujuan untuk menjembatani dunia pendidikan dan industri, menghadirkan praktisi berpengalaman langsung ke ruang kelas kami. Kami juga ingin memperkuat kolaborasi dengan industri dan terus memperbarui kurikulum agar sesuai dengan perkembangan terbaru,” ujar Tipri.

“Dengan Praktisi Mengajar batch 4 ini, kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan yang kami berikan. Semoga program ini juga memperkuat hubungan Polimedia dengan industri, membuka banyak peluang magang dan kerja sama, serta terus menginspirasi mahasiswa untuk berprestasi,”

Sambungnya

Praktisi Mengajar merupakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan sejak 2022 yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi agar para lulusan perguruan tinggi lebih siap masuk di dunia kerja. Program ini menekankan pada tiga hal, yakni Menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru dengan kebutuhan dunia kerja; Mendorong kolaborasi perguruan tinggi dan industri dalam menyelenggarakan pembelajaran praktis dan aplikatif; dan Meningkatkan relevansi kompetensi lulusan perguruan tinggi Indonesia dengan kebutuhan dunia kerja dan industri.

“Kami berharap melalui program ini, mahasiswa mendapatkan kebebasan belajar dari praktisi yang berpengalaman langsung dari industri, memperkaya pengalaman dan keterampilan mereka. Program ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang lebih praktis dan relevan dengan dunia kerja, yang merupakan inti dari konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” tukasnya.

Koordinator Praktisi Mengajar Polimedia, Pratiwi Kusumowardhani menyampaikan bahwa program ini akan memberikan pengalaman tidak hanya hardskill, namun juga softskill. Budaya kerja dari tiap latar praktisi akan memperkaya pengalaman kepada mahasiswa.

“Praktisi Mengajar ini memperkaya pengalaman dan keterampilan mahasiswa, sehingga relevan dengan industri dan dunia kerja” jelas Pratiwi.

Redaktur Ekonomi Antara, Hani Sofia menjadi salah satu praktisi mengajar yang telah berbagi ilmu di PoliMedia. Hani mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu, praktik interaksi, dan kehidupan di dunia kerja. Bekal tersebut diberikan karena pekerjaan saat ini tidak hanya menuntut kepintaran, melainkan kebutuhan sikap dan kerja sama saat bekerja.

“Program ini bisa menjadi kesempatan bagi industri untuk mencari bibit unggul, sehingga siap saat turun di lapangan bersama industri” jelas Hani.

PoliMedia terus meningkatkan softskill dan hardskill yang berdaya saing tinggi sehingga memiliki budaya yang positif dan mampu berkolaborasi dengan baik.

Teks : Desi Sintawati
Editor : Jasmine Al Ramadhani

Sumber: Humas PoliMedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts